Wisatawan Keluhkan Banyaknya Sampah Di Pantai Kuta

Wisatawan Keluhkan Banyaknya Sampah Di Pantai Kuta

KUTA, KOMPAS.com– Wisatawan mengeluhkan banyaknya sampah yg ada di sepanjang Pantai Kuta, Bali, akibat kiriman air laut ketika musim hujan dan musim angin barat.

Seperti diakui dua pengunjung pantai, Hendra yang berasal Surabaya dan Hermin yang berasal Malang. Mereka telah berdatangan sejak pagi bagi menikmati destinasi wisata yg menjadi tujuan penting wisatawan seandainya ke Bali tersebut.

“Saya dan keluarga telah tiga hari di Bali. Saya kan nginap di hotel dekat pantai, setiap pagi aku lihat kotor sekali ya. Padahal biasanya nggak gini. Saya kan kadang ke Bali,” kata Hendra di Kuta, Sabtu (17/12/2016).

“Nih anak aku tak mau mandi katanya. Dia bilang jorok. Padahal kan telah dibersihkan petugas. Tapi ya memang banyak sampah juga,” kata Hermin, wisatawan yang berasal Malang.

(BACA: Kenapa Pantai Kuta Begitu Diminati Turis?)

Wayan Darsa, salah sesuatu pedagang mengatakan bahwa sampah yg banyak terdampar di Pantai Kuta telah cukup lama dan ini karena faktor alam. Petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Badung juga telah sigap membersihkan sampah.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Kondisi sampah di Pantai Kuta, Bali, sebelum dibersihkan, Sabtu (17/12/2016).

“Ini kan faktor alam, setiap tahun ya begini. Kalau telah musim hujan dan ada angin barat, ya banyak sampah. Tapi petugas tidak jarang dan bahkan cepat menangani. Kami para pedagang juga membantu, biar enak dikunjungi wisatawan,” kata Wayan Darsa.

Sabtu (17/12/2016), ratusan personel TNI melakukan bersih-bersih Pantai Kuta dalam rangka Karya Bakti Juang Kartika 2016 yg juga mengikutsertakan puluhan personel Polri dan petugas DKP.

Dalam waktu singkat sampah dikumpulkan dan diangkut menuju pembuangan akhir di TPA Suwung Denpasar.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *