“Waxi”, Moda Transportasi Alternatif Di Manchester

“Waxi”, Moda Transportasi Alternatif Di Manchester

MANCHESTER, KOMPAS.com – Bosan naik taksi beroda empat dan melintas di atas jalan raya? Anda mungkin harus ke Manchester dan coba Waxi alias Manchester Water Taxis alias taksi air.

Pada awal November lalu, Waxi diperkenalkan kepada publik di Kanal Bridgewater. Ini yaitu taksi air pertama di Greater Manchester dan dapat memuat hingga 10 penumpang.

Salah sesuatu ciri Manchester adalah keberadaan kanal-kanal yg berkeliling kota. Kanal tersebut telah ada sejak abad ke-18.

Bridgewater yaitu kanal buatan pertama di Inggris Raya dan dibuka pada 1761. Sistem kanal diperluas dengan meletusnya Revolusi Industri dan memungkinkan kapal laut segera berlayar ke Pelabuhan Manchester.

(BACA: Musim Gugur di London, Ini yg Bisa Dilakukan selama 24 Jam)

Keberadaan kanal-kanal ini kemudian dilihat sebagai salah sesuatu peluang bagi memperkenalkan taksi air.

“Saya melihat taksi air ini yaitu solusi transportasi lokal di Greater Manchester dengan memanfaatkan jalur air,” ujar Andy Burnham, salah sesuatu kandidat Wali Kota Manchester.

Dibandingkan mobil, Waxi memang kalah cepat. Perahu berwarna kuning itu rata-rata berlayar 6 kilometer per jam ketika membawa penumpang.

“Kendati demikian, ada sensasi berbeda ketika menaiki Waxi. Apalagi, angkutan tersebut mampu mengantar kalian sampai Stadion Old Trafford,” kata Sue McCarthy, pemandu wisata peserta Visit Britain pada pertengahan November lalu.

Old Trafford yaitu markas dari klub sepak bola Manchester United. Sadar bahwa banyak turis tiba ke Manchester buat menyaksikan Manchester United, manajemen Waxi pun menempatkan Old Trafford sebagai salah sesuatu tempat pemberhentian.

Pada 21 November, Waxi pun resmi dibuka kepada publik. Waxi akan beroperasi pada pukul 7.30 dan pemberangkatan terakhir pukul 18.45.

Harga tiket Waxi ini bervariasi. Paling murah adalah 3 poundsterling per orang dan paling mahal 7 poundsterling bagi sesuatu kursi.

Selain pembeli satuan, Waxi pun menyediakan paket buat berwisata berkeling sesuatu harian. Ada beberapa paket yg ditawarkan, 160 poundsterling dan 200 poundsterling.

Taksi air bukanlah “barang” baru di dunia transportasi. Di Amerika Serikat, sejumlah kota telah memperkenalkan moda transportasi seperti ini, di antaranya Chicago, Baltimore, dan Florida Selatan. 

Hanya, taksi air di Manchester ini ukurannya lebih kecil. Ada pun di kota-kota Amerika Serikat itu memakai perahu dengan kapasitas yg jauh lebih besar. 

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *