Waspada Copet Saat Berlibur, Ini Tipsnya…

Waspada Copet Saat Berlibur, Ini Tipsnya…

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat musim libur tiba, otomatis destinasi wisata mulai ramai pengunjung. Tak sedikit oknum yg memanfaatkan kepadatan wisatawan buat melakukan tindak kriminal, seperti mencuri barang berharga.

Untuk menghindari pencopet ketika berwisata, ada kiat yg mampu Anda lakukan seperti dikutip dari situs Lonely Planet dan Travel and Leisure.

1. Gunakan sabuk khusus uang

Sabuk khusus uang ini bentuknya kecil, berbahan tipis dan ditempatkan di bagian pinggang. Umumnya gerai perlengkapan traveling menjual sabuk tersebut. Benda ini terbilang efektif menyimpan barang berharga karena mengurangi ruang gerak pencopet.

2. Hati-hati memakai sabuk khusus uang

Meski direkomendasikan, penggunaan sabuk khusus uang juga harus diwaspadai, karena terletak di tempat yg tersembunyi, ketika Anda mengeluarkan uang bisa menimbulkan kecurigaan. Bijaknya keluarkan uang dengan jumlah sedikit di tempat terjangkau.

(BACA: Jalan-Jalan ke Kota “Anti-Copet”, Mau?)

3. Jangan tampil seperti turis

Hindari memakai busana dan perhiasan yg mencolok. Sebab bahasa dan rupa yg berbeda sebenarnya sudah mencirikan bahwa Anda adalah pendatang. Tampilkan bahasa tubuh yg yakin diri, jangan seperti turis yg sedang kebingungan.

4. Jangan meninggalkan barang berharga di kamar hotel

Tips tersebut tidak berlaku apabila Anda memang percaya barang berharga tersebut tersimpan di tempat yg terkunci dan aman, juga jangan pernah meninggalkan barang bawaan berharga di kendaraan.

5. Percaya insting

Jika merasa ada yg janggal, jangan ragu bagi memeriksa barang bawaan Anda atau lari seandainya memang diperlukan.

Kebanyakan pencopet ketika ini justru berbusana rapi dan tampak seperti wisatawan pada umumnya. Liburan memang ketika bagi bersantai tapi jangan lupa bagi terus waspada.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *