Toko Roti Tertua Di Solo, Buka Sejak 1881

Toko Roti Tertua Di Solo, Buka Sejak 1881

KOMPAS.com – Roti Ganep, begitu nama toko tersebut. Toko roti tertua di Solo, Jawa Tengah ini didirikan oleh pasangan Tjang Tiang San dan Auw Like Nio pada 1881. 

Sampai ketika ini, telah Roti Ganep telah dikelola lima generasi. Kini perusahaan tersebut dikelola oleh Oh Lioe Nio, atau Cecilia Maria Purnadi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Marketing Manager Roti Ganep, Emi Yoeniawati.

“Roti Ganep itu dapat jadi yaitu toko roti tertua di Kota Solo, karena dari lalu waktu generasi ke tiga cerita bahwa memang ada nota-nota yg tertulis tahun 1881, kemudian di dua brosur bungkus roti-roti yg lama itu juga 1881,” katanya. 

BACA JUGA: Taman Balekambang Solo Bakal Jadi Destinasi Wisata Malam Hari

Nama Ganep sendiri diberikan oleh Raja Surakarta Sinuhun Pakubuwono X dan sudah dipatenkan pada tanggal 25 Nopember 1948. Nama Ganep mempunyai arti filosofi: sehat, utuh, waras dan lengkap.

TRIBUN JATENG Toko Roti Ganep Terletak di Jl. Sutan Syahrir No 176, Setabelan, Banjarsari, Solo.

Sejak awal berdiri Roti Ganep memproduksi Roti Kecik, roti kering yg terbuat dari tepung ketan. Roti Kecik yaitu produk unggulan dan andalan hingga ketika ini.

Namun pada perkembangannya, Roti Ganep tidak cuma memproduksi roti kecil tapi juga roti lainnya. Misal Smeer kering, Soes kering, kue garut, bolu kering, stik krakers, dan lain-lain. 

Selain itu, Roti Ganep juga memproduksi roti basah seperti roti keju, roti pisang, roti santen, mandarin, bolu, cake dan lain-lain.

BACA JUGA: Festival Wayang di Solo Suguhkan Pertunjukan Wayang 37 Jam Nonstop

Perusahaan Roti Ganep juga menyediakan aneka oleh-oleh tradisi solo seperti ampyang, intip, karak, rambak, peyek, criping sukun, abon dan menjadi tempat tujuan wisata belanja oleh-oleh di Kota Solo.

Selain itu, Roti Ganep juga menyediakan catering prasmanan dan nasi boks.

Toko Roti Ganep Terletak di Jl. Sutan Syahrir No 176, Setabelan, Banjarsari, Solo. Toko Roti Ganep buka akan pukul 06.00-21.00 WIB.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *