Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian bersama keluarga tentunya persiapan harus semakin matang. Mengingat bukan cuma Anda tapi anggota keluarga yang lain juga pergi bersama. Agar liburan akhir tahun yg relatif panjang bisa berjalan dengan lancar, ada dua kiat yg bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Huffington Post;

1. Buat daftar barang bawaan

Membuat daftar barang bawaan memudahkan Anda bagi mengemas barang bawaan. Tipsnya bawalah barang yg memang utama dan pilihlah yg berbobot ringan. Koper tidak terus harus penuh di awal, sisakan tempat bagi oleh-oleh.

2. Keluarkan pakaian hangat

Jangan masukkan pakaian hangat Anda di dalam koper bagasi. Alih-alih tenteng pakaian hangat dan gunakan ketika bepergian, terutama di perjalanan jarak jauh. Bagi Anda yg memiliki anak-anak hal ini patut diperhatikan.

3. Persiapan awal

Satu malam sebelum berangkat, pastikan Anda sudah selesai berkemas dan sudah melengkapi segala dokumentasi keluarga. Berkemas secara buru-buru berisiko tertinggal barang utama dan mampu membuat perjalanan terlambat.

4. Siapkan obat mabuk perjalanan

Anak-anak lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Siapkan obat anti mabuk perjalanan, termasuk tisu basah, kantung plastik di tempat yg terjangkau.

5. Kirim barang ke kampung halaman

Jika Anda berwisata ke kampung halaman, tidak ada salahnya buat mengirim barang bawaan Anda yg berlebih lewat paket ekspedisi. Selain lebih murah, juga lebih ringkas.

6. Cukup tidur

Anak-anak boleh jadi yg paling atusias buat liburan akhir tahun. Pastikan mereka tidur dengan cukup agar tubuh tetap fit dan sehat. Jangan lupakan kesehatan Anda juga.

7. Barang pribadi anak

Jika anak memiliki bantal, mainan, atau selimut favorit dan mereka ingin membawanya, itu tidak menjadi masalah. Sebab anak-anak sebenarnya rindu rumah, namun pastikan barang bawaan tersebut memang ringan dan gampang dikemas.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *