Tahun Baru, Wisatawan Dilarang Ke Kawah Bromo Dan Puncak Mahameru

Tahun Baru, Wisatawan Dilarang Ke Kawah Bromo Dan Puncak Mahameru

MALANG, KOMPAS.com – Menjelang tahun baru, petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengingatkan kembali larangan untuk wisatawan bagi mendekati Kawah Bromo. Hal itu menyusul status gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl itu yg masih waspada.

“Kita mengimbau bagi tak mendekati kawah,” kata Humas BB TNBTS, Antong Hartadi kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2016).

Antong menjelaskan, wisatawan cuma diperbolehkan merayakan pergantian tahun di Lautan Pasir. Selain itu juga di sejumlah spot lainnya seperti di Puncak Penanjakan.

“Biasanya memang wisatawan merayakan pergantian tahun di Lautan Pasir dan melihat matahari terbit di Penanjakan,” katanya.

Antong mengaku telah menyiapkan petugas buat menghalau wisatawan supaya tak mendekati Kawah Bromo. Meski demikian, Antong menyebutkan tidak jarang masih banyak wisatawan yg nekat ke Kawah Bromo.

Larangan yg sama juga diberikan kepada pendaki Gunung Semeru. Para pendaki dilarang mendaki hingga ke Puncak Mahameru. Sebab, di Puncak Mahameru tidak jarang terjadi hujan badai yg mengancam keselamatan para pendaki.

“Masih tidak jarang badai di atas. Sudah kami imbau buat tak sampai ke puncak,” jelasnya.

Imbauan itu disampaikan oleh petugas di pintu masuk pendakian Pos Ranupani ketika briefing pemberangkatan. Dalam imbauan itu, pendaki cuma diperbolehkan mendaki hingga Pos Kalimati, pos terakhir sebelum menuju Puncak Mahameru. Liburan akhir tahun ini, pendaki yg ingin menikmati pergantian tahun di Gunung Semeru telah akan berdatangan.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *