Sate Taichan Kemang, Pedasnya Bikin Jontor

Sate Taichan Kemang, Pedasnya Bikin Jontor

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan sate pada umumnya, sate taichan tidak memakai kecap dan bumbu kacang sebagai pelengkap. Jadilah sate taichan kadang disebut “sate putih”, sesuai dengan warnanya. Mulai naik daun di tahun 2016, penjual sate taichan kini tersebar dari Medan sampai Jayapura. 

Salah sesuatu gerai yg menjual sate taichan adalah Sate Taichan Kemang yg berlokasi di Jalan Kemang Raya No 24, Jakarta Selatan.

“Sate Taichan Kemang ini dari awal 2015, idenya muncul dari aku cobain sate taichan di Senayan,” kata Lerry Mario yg akrab disapa Rio, pemilik Sate Taichan Kemang ketika ditemui KompasTravel, Kamis (5/1/2017). 

BACA JUGA: Inikah Asal Usul Sate Taichan?

Awal dibuka, Sate Taichan Kemang ini diberi nama Sate Taichan Kemang Bro Rio. “Seperti nama saya, tapi setelah buka franchise telah tidak cocok pakai embel-embel nama aku lagi,” katanya.

Rio lanjut menjelaskan cita rasa sate di gerainya. “(Rasa sate) taichan sebenarnya hampir sama, identik dengan tiga rasa merupakan pedas, asin, asam. Cuma yg membedakan cara pembuatan masing-masing. Kalau kata konsumen Sate Taichan Kemang lebih pedas dan dagingnya lebih fresh, orang-orang komen begitu,” kata pria berdarah Makassar ini. 

Sate Taichan Kemang.

KompasTravel mencicipi Sate Taichan Kemang. Memang benar, sambal Sate Taichan Kemang memang luar biasa pedas. Rasa pedas ini membuat mulut selalu mengunyah, dan aktif mengambil tusuk sate. Tak terasa sepuluh tusuk sate habis cuma dalam waktu kurang dari lima menit.

“Sehari aku bawa 1.500 sampai 2.000 tusuk sate, buat sambalnya pakai tiga sampai empat kilogram cabai,” kata Rio. Selain sambal yg lebih pedas, kandungan minyak di sambal Sate Taichan Kemang juga lebih banyak daripada sate taichan umumnya. 

BACA JUGA: Ada yg Berubah dari Sate Taichan Senayan…

Perbedaan yang lain adalah daging sate yg terbuat dari fillet dada ayam, tanpa campuran kulit dan kelenjar minyak. Rasa daging satenya sendiri gurih dan asin. Akan lebih mantap seandainya Sate Taichan Kemang disantap dengan perasan jeruk nipis, bagi tidak mengurangi aroma dan rasa asam jeruk nipis sebagai penyeimbang pedas dan gurih. 

Satu porsi Sate Taichan Kemang berisi 10 tusuk sate dihargai Rp 20.000. Sate Taichan Kemang buka dari pukul 19.00-03.00 WIB. Saat ini Sate Taichan Kemang juga membuka franchise sebanyak delapan gerai yg berlokasi di Makassar, sesuatu gerai di Manado, dan beberapa gerai di Jakarta. Total ada 12 gerai Sate Taichan Kemang yg buka hingga awal tahun 2017.  

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *