Santap Ayam Kalkun Di Malam Natal, Ini Dia Tempatnya

Santap Ayam Kalkun Di Malam Natal, Ini Dia Tempatnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Di negara-negara barat, ayam kalkun menjadi hidangan yg identik dengan perayaan Natal dan Thanksgiving. Di Indonesia sendiri hidangan ini diperkenalkan oleh banyak restoran dan hotel. Salah satunya Century Park Hotel di Senayan, Jakarta yg menawarkan hidangan ayam kalkun panggang dalam paket Christmas Eve Dinner dan Christmas Brunch.

“Hidangan turkey di sini adalah gabungan ala American dan Italian. Kalkunnya memakai butterball turkey, American style yg diinjeksi butter agar lembut. Isiannya memakai bawang dan roti seperti di Italia,” kata Executive Chef di Century Paark Hotel, Hernowo ketika djumpai KompasTravel pada acara Holiday Luncheon, Rabu (14/12/2016). 

Dengan menggabungkan beberapa cara memasak dari beberapa negara tersebut, Hernowo menciptakan hidangan ayam kalkun yg mantap. Daging ayam kalkun lembut, tidak kering, dan bumbu terserap sampai ke dalam daging. 

BACA JUGA: Cari Kalkun Bakar di Jakarta, Ini Dia Tempatnya…

“Kalkunnya memang di-marinate lalu semalaman, kemudian dipanggang dalam oven dilapisi dengan alumunium foil, dahulu dibuka alumunium foil-nya dan dipanggang lagi,” kata Hernowo. Total ia memerlukan waktu selama tiga jam bagi memanggang ayam kalkun agar masak sempurna.

Sebagai pendamping hidangan ayam kalkun panggang, ada beberapa saus yakni Cranberry Sauce dan Gravy Sauce. Gravy Sauce adalah saus dengan cita rasa gurih yg dibuat dari kaldu tulang, juga hati dan ampela dari ayam kalkun.

Sedangkan Cranberry Sauce adalah saus dengan cita rasa asam manis dari buah cranberry yang dimasak dengan api pelan. Saus ditambah perasan jeruk lemon dan tepung maizena. Dua saus ini adalah penyeimbang rasa dari rasa ayam kalkun yg gurih dan kaya lemak dari mentega. Tak lupa ada kentang tumbuk dan brokoli sebagai makanan pelengkap dari hidangan ayam kalkun.

BACA JUGA: Bedanya Rasa Daging Kalkun dan Ayam

Hidangan istimewa Century Park Hotel yg cuma ada pada bulan Desember ini cuma ada di paket menginap Weekend Go For Christmas tanggal 24-26 Desember 2016. Paket tersebut dihargai Rp 1.250.000 per kamar, telah termasuk sarapan bagi beberapa orang. Anda juga dapat memilih menyantap makanan di Christmas Eve Dinner atau Christmas Brunch. 

Alternatif yang lain adalah memesan hidangan ayam kalkun di luar paket yg dihargai Rp 3,5 juta bagi ayam kalkun panggang, beberapa saus, dan beberapa hidangan pendamping yg dapat dikonsumsi 30 orang. 

Selain paket makan di Hari Raya Natal, Century Park Hotel juga memberi promosi bagi New Year’s Eve Buffet Dinner dengan harga Rp 348.000 per orang, termasuk Beer & Barbeque Party dan menyaksikan penampilan dari penyanyi Rio Febrian.  

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *