Regulasi Ban Terbaru Untuk MotoGP 2017

Regulasi Ban Terbaru Untuk MotoGP 2017

Madrid, KompasOtomotif – Gelaran balap bergengsi dunia MotoGP mulai memasuki musim baru di 2017. Selain transfer pebalap dan jadwal pelaksanaan, yg membuat beda dengan musim 2016 adalah dihilangkannya ban intermediate (ban menengah).

Mengutip Motorsport, Jumat (9/12/2016) dengan keputusan yg dibuat pihak penyelenggara MotoGP, membuat ban intermediate cuma digunakan sesuatu musim saja di 2016.

Ban intermediate dibawa Michelin, ketika kembali menjadi pemasok resmi ban di kejuaraan ini. Ban menengah ini digunakan dalam keadaan mixed (antara basah dan kering). Lalu beberapa ban lainnya yg diperkenalkan merupakan slick (jalan kering) dan wet/rain (trek basah).

Namun, pebalap tidak jarang berkomentar bahwa kecil kemungkinan buat mengunakan ban macam ini. Bahkan hampir tak sama sekali, apalagi pada ketika mengaplikasikan metode balap flag-to-flag

Karena itu, Michelin ketika ini setuju buat menyingkirkan ban intermediate di musim 2017, pasca rapat Komisi Grand Prix di Madrid. Sementara bagi ban kering dan basah juga ikut berubah, tetapi spesifikasi tambahan barunya mulai tersedia nanti. 

GP Terbaik 2016

Selain urusan ban, pihak penyelenggara MotoGP juga memilih Grand Prix Austria sebagai event terbaik musim 2016. Austria kembali ke kalender MotoGP tahun ini bagi pertama kalinya sejak tahun 1997, pada seri ke-10 di Agustus.

Pada seri tersebut, pembalap Ducati Andrea Iannone tampil sebagai sang juara, yg yaitu kemenangan perdananya di MotoGP 2016.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *