Pemkot Cirebon Siapkan 26 Agenda Wisata Untuk 2017

Pemkot Cirebon Siapkan 26 Agenda Wisata Untuk 2017

CIREBON, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat mulai menyiapkan 26 acara pertunjukan seni dan budaya pada 2017 bagi menyambut wisatawan yg berkunjung ke daerah itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman, di Kota Cirebon, Rabu (28/12/2016), menyampaikan bagi menarik kunjungan wisatawan, pihaknya mulai selalu berupaya mengadakan agenda, baik berupa budaya, seni dan yg lainnya.

“Sebagai daerah kunjungan wisata alternatif, Cirebon mulai selalu berbenah dan juga menjadikan pertunjukan sebagai salah sesuatu tujuan wisatawan bagi berkunjung,” katanya.

(BACA: Cirebon Macet? Mari Menyepi Sejenak di Goa Sunyaragi)

Ia menuturkan dua kegiatan yg mulai digelar tahun depan di antaranya berskala nasional seperti Festival Keraton Nusantara pada 6-11 September 2017. Pada bulan yg sama juga berlangsung kegiatan Gotrasawala.

Pada Februari 2017 mulai digelar kegiatan Nadran dan Cap Go Meh, juga dua kegiatan kecil yg lain.

KOMPAS.COM/ERVAN HARDOKO Kereta Singa Barong ini dibuat pada 1549 oleh Panembahan Losari dan digunakan segala Sultan Cirebon sejak Sunan Gunung Jati. Di dalam desain kereta kencana ini terdapat akulturasi budaya Islam, Hindu dan China.

“Kami arahkan ke festival rakyat dengan memberdayakan ulang tahun sanggar budaya, cuma saja kalian minta perayaan ulang tahun sanggar digelar di hotel agar tak ribet,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, Kota Cirebon diharapkan menjadi daya tarik wisata dan mulai meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Diharapkan ada dua kegiatan bersifat nasional seperti pelatihan, workshop yg skala besar dan ini juga dapat menjadi promosi,” kata Dana Kartiman.
Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *