Panduan Wisata Ke Rumah Panda Di Chengdu, China

Panduan Wisata Ke Rumah Panda Di Chengdu, China

JAKARTA, KOMPAS.com – Bermimpi melihat panda di kampung halamannya, China? Berkunjunglah ke Chengdu. Selain terkenal sebagai rumah dari 80 persen populasi panda di China, Chengdu juga terkenal sebagai kota gastronomi kedua di Asia, dan kaya mulai sejarah.

Berikut adalah panduan berwisata ke Chengdu, China yg KompasTravel himpun dari Chengdu-Jakarta Tourism Exchange di Hotel Redtop, Jakarta, Rabu (28/12/2016):

1. Transportasi

Tahun 2017, tepatnya bulan Januari, Garuda Indonesia membuka penerbangan segera dari Denpasar, Bali ke Chengdu, Sichuan. Jadi kini wisatawan mampu mengirit waktu berjam-jam, setelah sebelumnya penerbangan dari Indonesia ke Chengdu memerlukan transit di Hongkong. Rencananya penerbangan dari Denpasar-Chengdu mulai berlangsung empat kali dalam sesuatu minggu.

2. Akomodasi

Sebagai kota terbesar ke empat di China, jangan khawatir dengan akomodasi. Chengdu memiliki hotel dari bintang lima sampai hostel yg ramah dengan kantong para backpacker. Harga menginap sesuatu malam di hostel dimulai dari Rp 100.000 per malam.

3. Konsumsi

Chengdu milik lebih dari 6.000 macam hidangan, tidak heran kota ini diberi predikat Kota Gastronomi. Tak perlu khawatir soal rasa, sebab cita rasa masakan di Chengdu adalah pedas, jadi terbilang cocok dengan orang Indonesia.

(BACA: Chengdu, Rumah Panda China dengan Banyak Cerita)

Hal yg perlu diperhatikan adalah kehalalan makanan di Chengdu. Bagi wisatawan Muslim, jangan lupa bertanya kandungan makanan yg disajikan. Hidangan khas Chengdu yg terkenal adalah ayam kungpao, tahu nenek, ikan tim, pangsit hongyou, mie dandan.

4. Tempat wisata

Kurang afdol seandainya tidak melihat panda ketika berwisata ke Chengdu. Tempat yg tepat bagi melihat beruang hitam putih ini adalah Dujiangyan Panda Park dan Chengdu Panda Base.

Wisata lainnya yg ternama di Chengdu adalah Dujiangyan, sungai irigasi yg dibagun 256 sebelum masehi, taman nasional Jiuzhaiguo, taman batu Xingwen, situs bersejarah Jinsha, Gunung Qingcheng, Wuhou Temple yg terkenal dari Kisah Three Kingdoms, Du Fu Thatched Cottage tempat tinggal pujangga terkenal Dufu, dan Taman Bodhisatva Wenshu.

5. Waktu terbaik

Waktu terbaik bagi mengunjungi Chengdu adalah bulan September dan Oktober ketika peralihan musim panas ke musim gugur. Durasi yg direkomendasikan bagi menjelajah Chengdu adalah lima sampai enam hari.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *