Mampir Di Gresik? Cobalah Nikmati Bandeng Sambal Dabu-dabu

Mampir Di Gresik? Cobalah Nikmati Bandeng Sambal Dabu-dabu

GRESIK, KOMPAS.com – Selain Kabupaten Sidoarjo, Gresik juga terkenal sebagai penghasil ikan bandeng di wilayah Jawa Timur.

Nah, tak ada salahnya seandainya anda sedang berkunjung di kabupaten yg berbatasan dengan Surabaya dan Lamongan ini, dapat meluangkan sedikit waktu buat mencicipi lezatnya makanan dengan olahan ikan bandeng.

Ada banyak makanan olahan bandeng yg mampu dinikmati di Gresik. Mulai dari yg tersohor seperti otak-otak bandeng dan abon bandeng, atau juga olahan terbaru yg menjadi salah sesuatu sajian di Hotel Pesonna Gresik, bandeng sambal dabu-dabu.

“Selama ini, Gresik kan juga telah banyak dikenal orang melalui ikan bandeng, makanya kalian juga ingin lebih memperkenalkannya. Dan bagi mempertahankan kearifan lokal ini, kalian mencoba menawarkan bandeng sambal dabu-dabu ini,” kata General Manager Hotel Pesonna Gresik, Joko S. Widiyanto, Selasa (3/1/2017).

(BACA: Bandeng Kedai Panorama, Sambalnya Luar Biasa…)

Sejak didapuk menjadi salah sesuatu sajian andalan di hotel yg beralamat di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Sidokumpul, Gresik, ini bandeng sambal dabu-dabu cukup diminati tamu. Lantaran selain terasa gurih, ikan yg lembut dan lepas tulang membuatnya cukup mantap bagi dinikmati.

“Apalagi dipadu dengan sajian sambal yg mampu disesuaikan dengan selera, akan sangat pedas, pedas, dan sedang, membuat para pengunjung rata-rata mengaku ketagihan buat kembali menikmatinya,” jelas Joko.

Menurut chef Hotel Pesonna Gresik, Bagus Sumargono, olahan bandeng sambal dabu-dabu ditemani acar dan nasi putih seharga Rp 40.000 ini cukup gampang bagi disajikan. Selain sesuatu ekor ikan bandeng yg telah dalam kondisi bersih dan dipresto buat mengambil tulangnya, juga dibutuhkan dua rempah-rempah dalam memasaknya.

“Jadi meskipun tanpa sambal pun, bandeng ini telah terasa enak dan lezat bagi dinikmati, karena telah terasa gurih dan pas di lidah. Tapi memang lebih nikmat lagi, seandainya disajikan secara komplet dengan acar dan sambal,” kata Bagus.

Siti Rahmah (41), salah sesuatu pengunjung Hotel Pesonna Gresik mengaku begitu menikmati bandeng ini.

“Meski aku warga asli Gresik dan telah dua kali menikmati masakan dari olahan ikan bandeng, namun baru kali ini aku merasakan sajian ikan bandeng yg gurih, lembut, dan nikmat. Selain itu, sambalnya juga cukup pas di lidah,” kata Siti Rahmah.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *