Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Naik Pesawat

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Naik Pesawat

KOMPAS.com – Saat bepergian naik pesawat, urusan perut tentu jadi hal penting. Terlebih seandainya Anda memilih kelas ekonomi.

Makanan dan minuman di ketinggian ribuan kaki tentu mulai memengaruhi tubuh. Anda harus memilih macam makanan dan minuman bagi dikonsumsi buat menghindari kembung atau sakit perut.

BACA JUGA: Perjalanan Makanan Pesawat sampai ke Bangku Anda

Dikutip dari news.com.au, Rabu (28/12/2016), Skyscanner Australia memberi daftar makanan yg sebaiknya dihindari sebelum melakukan penerbangan demi kenyamanan tubuh Anda selama melakukan penerbangan.

Sayuran

Sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, artichoke dan kacang lebih baik dihindari sebelum naik pesawat. Pasalnya, sayuran itu cenderung memiliki karbohidrat tinggi (oligosakarida) yg tak bisa dipecah dalam usus kecil dan menjadi sumber ketidaknyamanan setelah mereka mencapai usus besar.

Sayuran-sayuran bisa menyebabkan kembung, bahkan mungkin kram saat sedang bergerak dalam lingkungan bertekanan seperti dalam kabin pesawat.

THINKSTOCK.COM Ilustrasi

Makanan ringan dengan rasa asin

Makanan ringan dengan rasa asin tentu menggoda. Meski menggiurkan, sebaiknya hindari makanan ringan yg tinggi kadar garam.

Di ketinggian, lidah mulai sedikit mengalami mati rasa. Makanan ringan dengan kadar garam tinggi mulai membuat tubuh kami mengalami retensi air.

BACA JUGA: Mengapa Makanan Jadi Hal Penting di Pesawat?

Retensi air sendiri adalah kondisi saat kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh. Retensi air terjadi pada sistem peredaran darah atau dalam jaringan dan rongga.

Minuman berkafein

Kopi adalah salah sesuatu minuman yg biasa disuguhkan oleh awak kabin. Tentu wisatawan penggemar kopi mulai sulit buat menolaknya.

Minuman berkafein seperti kopi mulai membuat tubuh Anda dehidrasi, bersifat diuretik, dan mengacaukan jam tidur. Diuretik sendiri adalah sifat pada makanan yg mampu memacu ginjal buat mengeluarkan banyak urin.

SHUTTERSTOCK Ilustrasi brokoli

Minuman berkarbonasi

Minuman manis bersoda adalah pemantik persoalan pencernaan ketika di pesawat. Perut Anda mulai penuh dengan gas, sehingga mulai menyebabkan kembung.

Kebanyakan minuman bersoda dengan kadar gula yg tinggi juga cenderung mulai menyita waktu tidur Anda. Padahal, di pesawat Anda seharusnya mampu tertidur pulas.

BACA JUGA: Cari Jodoh di Pesawat? Bisa…

Alkohol

Apa minuman beralkohol itu dilarang? Ada yg menjawab tidak. Sebuah penelitian dari Cornell University tentang minuman alkohol menemukan bahwa suara pesawat mampu membuat penumpang yg meminum alkohol jadi lebih menghargai umami. Umami adalah rasa gurih berasal dari glutamat, salah sesuatu macam asam amino alami dalam makanan.

Meski demikian, alkohol mulai menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Segelas atau beberapa gelas anggur masih ditoleransi, tapi pastikan bagi tak minum alkohol secara berlebihan.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *