Liburan Ke Selandia Baru, Naik Pesawat Apa?

Liburan Ke Selandia Baru, Naik Pesawat Apa?

AUCKLAND, KOMPAS.com – Selandia Baru belakangan makin gencar mengincar wisatawan Indonesia. Ada banyak cara menuju Selandia Baru, sebuah negara yg bertetangga dengan Australia.

Selandia Baru sendiri terdiri dari beberapa pulau utama, merupakan selatan dan utara. Ada beragam obyek wisata yg ditawarkan akan dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga petualangan. Akses penting menuju negara ini dapat melalui Bandara Auckland, bandara terbesar di Selandia Baru.

Jika ingin menjelajahi pulau utara, maka masuklah melalui Bandara Auckland. Untuk pulau selatan, dapat melalui Bandara Christchurch yg yaitu bandara terbesar di pulau selatan. Selain itu ada pula bandara di Wellington, Dunedin, Rotarua, dan Queenstown.

Ada berbagai maskapai penerbangan yg melayani rute penerbangan menuju Selandia Baru dari Indonesia. Sayangnya, belum ada maskapai penerbangan yg melayani rute segera dari Indonesia menuju Selandia Baru.

Saya menuju Selandia Baru dalam rangka famtrip bersama Tourism New Zealand dengan memakai pesawat Singapore Airlines, Minggu (11/12/2016). Maskapai penerbangan ini yaitu pilihan favorit buat menuju Selandia Baru.

Rutenya merupakan Jakarta-Auckland dengan transit di Singapura. Penerbangan SQ 961 dijadwalkan berangkat pada pukul 17.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta (terminal 2D) dan datang di terminal 2 Bandara Changi Singapura pukul 19.45 waktu setempat. Perbedaan waktu antara Jakarta dan Singapura adalah sesuatu jam.

Ikuti petunjuk ketika keluar pesawat. Biasanya mulai dicantumkan pengumuman Anda harus menuju boarding gate berapa di terminal berapa. Biasanya, penumpang mesti transfer ke terminal 3 Bandara Changi buat naik pesawat lanjutan dengan rute Singapura- Auckland.

Pesawat lanjutan yg aku tumpangi adalah SQ 285 yg dijadwalkan terbang pukul 20.50 waktu setempat. Terkesan waktunya mepet, cuma ada waktu sesuatu jam transit. Namun petunjuk yg banyak di Bandara Changi mulai memudahkan penumpang sampai di boarding gate tepat waktu.

Pesawat SQ 285 datang di Bandara Auckland keesokan harinya, Senin (12/12/2016) pukul 11.45 waktu setempat. Ini artinya total perjalanan dari pesawat lepas landas di Jakarta hingga sampai di Auckland, telah termasuk transit, adalah sekitar 13 jam.

Maskapai lainnya

Selain Singapore Airlines, sebenarnya lumayan banyak pilihan maskapai penerbangan lainnya. Agar mudah, pilihlah maskapai penerbangan yg transit atau memiliki homebase di Singapura, Kuala Lumpur, atau Australia.

Jika Anda terbang dari barat Indonesia seperti Jakarta, pilih transit melalui Singapura atau Kuala Lumpur. Untuk maskapai denganĀ homebaseĀ Kuala Lumpur, ada Malaysia Airlines dan AirAsia.

Pilihlah terbang melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar, seandainya Anda terbang dari timur Indonesia. Lalu pilih transit di Australia. Pilihan maskapainya yakni Qantas, Virgin Australia, dan Jetstar. Jika memakai maskapai Jetstar, penerbangan dari Denpasar ke Auckland mulai transit terlebih dulu di Melbourne (Australia).

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *