Liburan Ke Manado, Simak Dulu Kalender Wisata Tahun 2017

Liburan Ke Manado, Simak Dulu Kalender Wisata Tahun 2017

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika berencana traveling ke Manado, Sulawesi Utara tahun depan, ada baiknya Anda memilih waktu yg tepat. Beberapa acara mulai digelar di kota ini.

Kalender Pesona Manado 2017 dapat jadi rujukan bagi rencana berwisata. Kalender Pesona Manado terbagi menjadi tiga tipe festival, merupakan harian, mingguan dan bulanan.

Setiap akhir pekan, wisatawan yg berkunjung ke Manado mampu menaiki kereta kuda atau bendi di sepanjang Jalan Boulevard Manado. Di samping itu, dari Januari hingga Desember 2017, ada dua event terjadwal.

Berikut KompasTravel Kalender Pesona Manado 2017 seperti dihimpun dari akun Facebook Kementerian Pariwisata.

Januari

Tandai tanggal 29 Januari buat melihat event Figura Manado di Kawasan Megamas. Acara ini dimeriahkan dengan Festival Tulude dan lomba budaya Masamper.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Salah sesuatu Than Sin yg tampil pada prosesi Cap Go Meh di Manado, Sulawesi Utara, tahun 2014.

Februari

Kota Manado mulai menyambut bulan Februari dengan Perayaan Cap Go Meh. Ada karnaval spesial yg menampilkan arak-arakan dewa kepercayaan dan berbagai tradisi. Semua pertunjukkan ini dipersembahkan oleh komunitas keturunan Tiongkok.

Maret

Hari Raya Nyepi yg jatuh pada bulan ini mulai dimeriahkan dengan Festival Ogoh-Ogoh yg dibawakan oleh Komunitas Hindu di Manado. Selain itu, digelar juga tarian Selendang Biru yg ditampilkan dua kelompok wanita dari organisasi keagamaan.

April

Bulan April giliran perayaan Paskah yg disorot di Manado. Kota Manado yg didominasi oleh umat Kristen mulai menyelenggarakan Manado Easter Show. Selama Paskah, wisatawan dapat menikmati acara konser dan parade.

Mei

Selama bulan Mei, ada dua acara yg diselenggarakan di Manado. Acara-acara itu yakni Manado Cantate International, International Choir Festival, Manado Extreme Adventures Tourism dan International Trail Running.

Juni

Di bulan Ramadhan, Manado pun tidak ketinggalan menyelenggarakan acara-acara bernuansa Islami seperti lomba dakwah, lomba hafal Al-Qur’an dan pawai obor.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Suasana malam di sekitar Jembatan Soekarno di Manado, Sulawesi Utara Kamis (25/6).

Juli

Bulan Juli mulai disemarakkan dengan perayaan hari lahir Manado. Pemerintah setempat mulai memeriahkannya dengan pengadaan konser di Jembatan Soekarno, kegiatan lomba, fotografi dan aneka kegiatan lain.

Agustus

Manado mulai menyelenggarakan pesta kemerdekaan pada bulan Agustus. Di bulan ini, diselenggarakan juga Hasher International di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado.

September

Pada bulan September, ada acara Festival Bantik yg dapat disaksikan. Suku Bantik, sub-suku asli di Sulawesi Utara, mulai berpartisipasi dalam Festival Bantik yg diselenggarakan bulan September.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Beberapa pesawat di Bandara International Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara.

Oktober

Ini adalah bulan paling meriah sepanjang 2017 di Kota Manado karena acara akbar Manadi Fastastik 7 diselenggarakan selama 10 hari. Pengunjung mulai melihat event-event dengan tema fish and coral, serta suguhan fashion, kuliner, parade olahraga dan konser jazz.

November

Menjelang akhir tahun, giliran Manado yg menjadi tuan rumah International Trail Running di alam bebas dan Miss Scuba International, merupakan ajang buat mencari putri bahari.

Desember

Acara Festival Christmas berlangsung sepanjang bulan Desember dengan berbagai acara seperti festival paduan suara, bazar natal, dan acara menjelang tahun baru 2018.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *