Liburan Akhir Tahun Sekeluarga, Jangan Main-main Pilih Hotel!

Liburan Akhir Tahun Sekeluarga, Jangan Main-main Pilih Hotel!

KOMPAS.com – Pesan hotel bagi liburan keluarga dapat dibilang tidak mampu dikerjakan sembarangan. Ada banyak hal yg harus diperhatikan, akan dari kebutuhan orangtua hingga kenyamanan buah hati.

Berdasarkan riset yg dikerjakan oleh Holiday Inn pada 2013, sebanyak 64 persen orangtua mencari hotel yg memberikan kenyamanan menginap. Adapun 52 persen responden juga menginginkan harga kamar ekonomis.

Sementara itu, anak-anak cenderung mengincar tempat bersenang-senang bersama keluarga selama liburan. Mereka juga mencari tempat bersantai buat melupakan seluruh kegiatan sehari-hari di sekolah.

Agar segala keinginan tersebut terpenuhi, ada dua persiapan yg bisa Anda lakukan saat pilah-pilih memesan hotel bagi liburan. Beberapa tips seperti berikut ini mampu Anda simak buat itu.

Catat apa saja yg dibutuhkan dari hotel

Sebelum menentukan penginapan, Anda hendaknya membuat daftar kebutuhan terlebih dahulu. Fasilitas tentu mulai menyesuaikan jumlah anggota keluarga dan keinginan masing-masing dari mereka.

Misalnya, Anda membawa beberapa anak atau lebih. Orangtua pun harus memperhatikan ketersediaan kamar, macam tempat tidur—double bed atau bunk bed—, dan kasur tambahan seandainya perlu.

Apabila buah hati berusia di bawah lima tahun, ibu otomatis membutuhkan ruang lebih bagi meletakkan barang-barang mereka. Pengosongan mini-bar, bila ada di kamar, dapat digunakan sebagai tempat MPASI dan camilan anak.

Seluruh kebutuhan itu tentu Anda sendiri yg paling tahu. Sayang bukan bila telah sampai tempat liburan, tapi akomodasi tidak mencukupi karena kelupaan sendiri?

Pilih hotel yg dekat dengan destinasi wisata

Bayangkan bila Anda terjebak macet saat liburan. Anak-anak mungkin mulai rewel karena melewatkan berbagai objek wisata sekaligus wahana bermain. Keinginan santai pun sontak gagal.

Ingat, tempat wisata biasanya ramai pada hari libur. Wisatawan bisa menghemat waktu perjalanan serta menikmati permainan lebih lama seandainya lokasi hotel strategis dan dekat dengan destinasi.

Sekadar catatan, jangan lupa menengok peta seandainya Anda tidak bawa kendaraan sendiri. Stasiun kereta atau halte bus dekat hotel mulai sangat memudahkan aktivitas liburan keluarga dari segi transportasi.

Perhatikan ulasan tamu hotel sebelumnya

Jangan ragu bagi teliti membaca ulasan atau tinjauan para tamu yg telah lebih lalu menginap di hotel incaran. Anda juga dapat mencari tulisan blog atau berita seputar hotel yg ingin dipesan.

Gambaran yg didapat di situ biasanya lebih jujur, akan dari lokasi, fasilitas, sampai pelayanan penginapan. Mereka umumnya tidak sungkan pula menuliskan tips-tips terkait kegiatan di hotel ketika berlibur.

Cari promo yg dapat meringankan biaya liburan

Keasyikan mencari kamar, pastikan menyesuaikan harga penginapan dengan budget liburan Anda. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang di luar kemampuan, dulu kantong malah bolong usai jalan-jalan.

Idealnya, harga murah dapat didapatkan bila Anda memesan hotel dari jauh-jauh hari. Namun, ada pula sebagian hotel yg mencantumkan harga miring buat kamar-kamar kosong yg dibatalkan mendadak. Di sini, wisatawan baiknya kreatif dalam mencari.

Selain itu, Anda dapat mencari hotel baru buka karena umumnya masih memberikan harga promosi. Angka yg ditawarkan dapat jadi setengah dari harga hotel-hotel lainnya.

Manfaatkan situs pemesanan daring

Memilih hotel zaman sekarang telah semakin gampang berkat situs pemesanan daring. Traveloka, misalnya.

Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa pemesanan secara daring ini terkadang juga menimbulkan kecemasan tersendiri. Nama tidak terdaftar ketika check-in meski telah melakukan pembayaran sebelumnya, salah satunya.

Rasa khawatir wajar saja. Namun, situs web pemesanan hotel dan tiket pesawat seperti Traveloka telah milik antisipasinya.

Situs web ini milik fitur StayGuarantee. Jika Anda sampai tak mampu melakukan check-in setibanya di hotel tempat menginap, pengaduan pun segera dapat disampaikan secara instan.

Anda cuma butuh membuka e-voucher di Traveloka App, klik tombol “Butuh Bantuan Check-in?”, dulu ikuti petunjuk selanjutnya.

Nah, dengan melakukan dua tips di atas, Anda bisa memilih hotel yg tepat agar liburan maksimal dinikmati. Anda dan keluarga pun bisa berlibur dan pulang berwisata dengan senyuman.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *