Keren, Bisa Nonton Perayaan Tahun Baru Dua Kali Di Banyuwangi

Keren, Bisa Nonton Perayaan Tahun Baru Dua Kali Di Banyuwangi

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Masyarakat Banyuwangi khususnya mereka yg tinggal di wilayah kota Banyuwangi mampu menyaksikan beberapa kali perayaan tahun baru. Kedua perayaan itu berada di Pulau Bali dan juga di Banyuwangi sendiri yg berada di wilayah paling timur Pulau Jawa.

“Bali dan Banyuwangi jaraknya cukup dekat tetapi berbedaan waktunya berbeda. Banyuwangi ikut WIB (Waktu Indonesia Barat) sedangkan Bali ikut WITA (Waktu Indonesia Tengah) sehingga tahun baru di Bali lebih cepat sesuatu jam dibandingkan di Jawa,” jelas MY Bramuda, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi kepada Kompas.com, Sabtu (31/12/2016).

Karena perbedaan waktu itulah, menurut Bramuda, ribuan masyarakat Banyuwangi mulai memenuhi daerah pesisir Banyuwangi yg berhadapan segera dengan Selat Bali buat melihat pesta kembang api yg ada di Pulau Bali.

Pada ketika siang hari masyarakat mampu melihat jelas dua detail bangunan, menara atau pelabuhan dari Banyuwangi ke Bali atau sebaliknya. Mereka juga mampu melihat gemerlap lampu dari Bali ketika malam hari.

“Jika di sana jam 12 malam maka di Jawa masih jam 11 malam. Jadi nonton kembang api yg dinyalakan di Pulau Bali, baru kemudian menyaksikan perayaan tahun baru di Jawa,” jelas Bramuda.

Ia menyampaikan daerah pesisir yg dijadikan masyarakat bagi menonton perayaan akhir tahun adalah Pantai Boom, Pantai Cacalan, Pelabuhan Ketapang, Pantai Watu dodol dan juga Pantai Bangsring serta Pantai Kampe yg relatif dekat dengan Pulau Bali.

Sementara itu Rita Mariana (25) warga kecamatan Srono kepada Kompas.com mengaku sengaja tiba ke Pantai Bangsring agar dapat melihat pesta kembang api yg di Bali.

“Dilihat dari seberang sini kan indah sekali. Satu jam kemudian baru perayaan di Banyuwangi,” jelas Rita. 

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *