Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Selandia Baru?

Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Selandia Baru?

AUCKLAND, KOMPAS.com – “Anda liburan ke Selandia Baru? Ini waktu yg tepat bagi berkunjung ke sini, cuacanya pas,” ungkap seorang awak kabin ketika pesawat yg aku tumpangi mendarat di Bandara Auckland, Selandia Baru, Senin (12/9/2016).

Ya, dua orang memang menyarankan waktu terbaik bagi berwisata di Selandia Baru adalah ketika musim panas, merupakan pada Desember hingga Februari.

Jangan bingung, Selandia Baru berlokasi di sebelah timur Australia. Jadi kebalikan dengan Eropa, Australia dan kawasan lainnya di belahan selatan dari khatulistiwa mengalami musim panas di akhir tahun.

“Ini lagi musim ramai kunjungan, sebab telah masuk musim panas. Orang umumnya tiba ketika musim panas karena cuacanya pas, tak dingin,” kata Emma O’Reilly, PR Advisor dari Tourism New Zealand kepada KompasTravel di Aukland, Selandia Baru, Senin (12/12/2016).

BACA JUGA: Perdana, Selandia Baru Gelar International Hobbit Day

Walau ia sebut cuaca tak dingin, dapat dibilang musim panas pada bulan Desember ini tergolong dingin buat ukuran orang Indonesia. Suhu rata-rata pada siang hari di kisaran 20 derajat Celsius. Sementara pada malam hari di kisaran 12 derajat Celsius.

Tak heran Caitlin Madden, PR Advisor Indonesia & SEA, Tourism New Zealand, sebelumnya telah mengingatkan buat membawa jaket atau memakai pakaian berlapis.

Secara cuaca, musim panas dapat jadi waktu terbaik. Namun, Anda harus siap-siap karena berbagai obyek wisata mulai dipenuhi turis. Sebut saja Hobbiton Movie Set, lokasi shooting film Hollywood trilogi “Lord of The Rings” yg begitu ramai pada musim panas.

“Musim panas seperti sekarang, pengunjungnya dapat 2.500 orang per hari,” kata Jacob, pemandu wisata di Hobbiton, Senin (12/12/2016).

Oleh karena itu, Emma menyarankan seandainya memang ingin tiba ketika musim panas, sebaiknya melakukan pemesanan hotel, sewa mobil, hingga tiket masuk obyek wisata atau atraksi wisata jauh-jauh hari.

“Apalagi kalau telah jelang Natal sampai Tahun Baru, orang Selandia Baru sendiri melakukan perjalanan liburan,” kata Emma.

BACA JUGA: Pertama Kali ke Selandia Baru? Ini Destinasi Wajibnya

Namun ia tidak menampik, Selandia Baru mampu dikunjungi sepanjang tahun karena memiliki empat musim. Untuk orang Indonesia yg tidak mengenal empat musim, setiap kunjungan di keempat musim ini tentu menarik.

“Musim gugur juga cantik, seluruh pohon berwarna cokelat. Kunjungan turis tak sepadat musim panas tapi cuaca juga tak terlalu dingin. Musim gugur itu bulan Maret-April,” saran Emma.

Sementara itu, salju di musim dingin tentu menjadi pengalaman unik untuk orang Indonesia. Walau tak segala Selandia Baru mengalami salju. Biasanya salju cuma ada di pegunungan atau puncak gunung. Sedangkan musim semi, menurut Emma, seluruh serba cantik.

“Bunga-bunga bermekaran. Sangat cantik,” katanya.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *