Ini Tiga Tipe Wisatawan Nusantara Yang Biasa Berlibur

Ini Tiga Tipe Wisatawan Nusantara Yang Biasa Berlibur

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain tipe planned tourist, wisatawan nusantara (wisnus) juga bertipe domestic explorer dan solo explorer. Tipe-tipe wisnus tersebut mewarnai dunia pariwisata Indonesia.

“Jadi wisnus itu ada tipenya (domestic) explorer, ada planned tourist, dan ada yg solo explorer. Yang tertinggi itu planned tourist,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty seusai Jumpa Pers Akhir Tahun 2016 Kementerian Pariwisata di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Lalu seperti apa wisnus tipe domestic explorer dan solo explorer? Dikutip dari Laporan Analisis Markplus Inc. Tahun 2016 tentang Segmentasi Wisatawan Nusantara, berikut penjelasannya.

(BACA: Wisatawan Nusantara Didominasi Tipe “Planned Tourist”, Apa Itu?)

Wisnus bertipe domestic explorer didefinisikan sebagai wisatawan yg menghargai dan ingin tahu tentang sejarah lokasi wisata. Selain itu, domestic explorer lebih suka pergi ke tempat yg belum pernah dikunjungi sebelumnya.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Lorong penjual oleh-oleh di Pasar Klewer, Sabtu (23/7/2016). Wisatawan mampu menemukan aneka oleh-oleh jajanan di Blok D Pasar Klewer Sementara.

Domestic explorer lebih suka berwisata di dalam negeri daripada ke luar negeri. Domestic explorer juga lebih aktif mencari lokasi wisata melalui media sosial.

Sementara, tipe solo explorer lebih suka pergi berwisata sendiri. Solo explorer lebih suka pergi ke destinasi wisata bahari dibanding wisata ke gunung. Tipe solo explorer juga merasa liburan di Indonesia sangat mahal.

Untuk tipe planned tourist, mereka biasanya mengeksplorasi destinasi wisata setelah menikmati acara atau festival di suatu daerah.

Tipe planned tourist didefinisikan sebagai wisatawan yg membeli paket wisata dari travel agent, suka berbelanja saat berada di lokasi wisata, dan tertarik mengunjungi hutan-hutan wisata.

Secara persentase pembagian tipe wisnus tercatat persentase tipe planned tourist berjumlah 39 persen. Sementara buat domestic explorer berjumlah 33 persen dan solo explorer berjumlah 28 persen.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *