Ini Jadwal Pengenalan Mobil Perdesaan

Ini Jadwal Pengenalan Mobil Perdesaan

Jakarta, KompasOtomotif – Pengenalan prototipe mobil perdesaan telah tinggal menunggu waktu saja. Saat ini protipe sedang digodok, dengan menggandeng perguruan tinggi dan para siswa SMK Indonesia.

Institut Otomotif Indonesia (IOI) ditunjuk sebagai koordinator pengembangan kendaraan tersebut. Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Indonesia mengatakan, kalau pihaknya telah merencanakan pengenalan model prototipenya.

“Kami telah memiliki bayangannya. Kemungkinan pada 17 Agustus 2017, kalian mulai perkenalkan bentuk mobil perdesaan yg telah kita kembangkan,” ujar Made yg juga menjabat sebagai Direktur Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kepada KompasOtomotif, Kamis (8/12/2016).

Baca juga : IOI Bakal Jadi “Gerbong” Angkutan Perdesaan

Made melanjutkan, sementara itu model produksinya masih menunggu nominasi 10 besar peserta lomba desain mobil perdesaan yg dipilih oleh juri, di antaranya Kementerian Perindustrian, IOI serta Persatuan Insinyur Indonesia. Dari 10 desain tersebut, mulai kembali dipilih mana yg tepat dan merepresentasikan mobil perdesaan asli Indonesia.

“Dari 10 nominator nanti yg paling cocok dan tepat, sensitifkah para peserta dengan kebutuhan rakyat, dan kemudian dituangkan dalam rupa desain mobil perdesaan. Jadi dari bentuk prototipe, rupa jadinya mampu di akhir 2017 atau awal 2018,” ujar Made.

Sepeerti yg dikatakan Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, mobil ini nantinya mulai ditargetkan memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sampai 90 persen. Adapun pemenuhan kebutuhan permesinan mulai dikerjakan dengan menggandeng perusahaan yg telah andal. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *