Ini Bus Wisata “Uncal”, Rutenya Keliling Kebun Raya Bogor

Ini Bus Wisata “Uncal”, Rutenya Keliling Kebun Raya Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengoperasikan bus wisata terhitung tanggal 1 Januari 2017. Bus tersebut melayani masyarakat secara gratis mengelilingi kota dengan melintasi sistem sesuatu (SSA) seputar Kebun Raya Bogor.

“Untuk tahap awal rute bus keliling SSA Kebun Raya, dengan rute, naik dari Botani Square, dahulu turun lagi di titik keberangkatan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, pada peresmian bus pariwisata di Tugu Kujang, Sabtu (31/12/2016).

Bima menjelaskan, bus memiliki nama Uncal yakni singkatan dari “Unforgettable City Tour at Loveable City”. Dalam bahasa Sunda, uncal berarti rusa, yg menjadi simbol dari Istana Bogor.

(BACA: 5 Tempat Wisata Sekitar Bogor yg “Instagramable”)

Bus berwana biru cerah, dirancang sedemikian rupa kelihatan menarik dan unik, memiliki kapasitas 25 orang penumpang, dilengkapi 13 tempat duduk yg sesuatu kursi bisa menampung beberapa penumpang berukuran badan sedang.

“Bus mulai dioperasikan setiap Sabtu dan Minggu, siapa yg mau naik, gratis,” katanya.

Menurutnya, jumlah bus wisata mulai ditambah secara bertahap melalui program CSR perusahaan yg ada di Kota Bogor. Setidaknya dibutuhkan enam bus wisata yg mulai melintasi enam wilayah kecamatan di Kota Bogor.

Bus tersebut dirancang khusus tak menyerupai Bandros dari Kota Bogor. Bus dibuat tak bertingkat karena mempertimbangkan topografi dan cuaca Kota Bogor yg tidak jarang dilanda hujan dan petir, serta banyaknya jumlah pepohonan.

Bus mulai dikelola oleh badan hukum koperasi punya Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) yg telah mengelola bus wisata. Selama pengoperasian, biaya operasional mulai dibiayai oleh pihak swasta yg menyumbangkan bus tersebut.

“Alhamdulillah masyarakat sangat apresiasi hadirnya Bus Unchal banyak yg ambil foto dan mau naik,” kata Bima.

Kehadiran bus wisata di Kota Bogor disambut positif oleh masyarakat. Menurut Furqon (50) warga Cimahpar, bus itu tidak mengurangi kebanggaan dan kegembiraan warga. Terlebih menghadapi tahun baru.

“Kehadiran bus Uncal cukup membuat warga bangga dan bergembira, banyak yg penasaran ingin mencoba. Apalagi gratis ini, model bus dirancang dengan dinding terbuka dipagar, sehingga pengguna mampu melihat sekeliling ketika bus berjalan mengililingi SSA,” katanya.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *