Ingin Onsen Tetapi Malu-malu? Simak Dulu Urutannya

Ingin Onsen Tetapi Malu-malu? Simak Dulu Urutannya

KUSATSU, KOMPAS.com – Siapa tidak kenal onsen? Di Jepang, onsen telah menyatu dengan kehidupan warganya. Berendam di kolam air panas atau onsen secara berkelompok sembari ngobrol bebas, bersosialisasi yaitu suatu kesempatan yg sangat langka.

Apalagi zaman sekarang. Bertemu teman sambil berendam air panas tentu sangat berkesan.

Onsen yg bermanfaat sebenarnya berendam di air panas yg dihasilkan segera dari dalam perut bumi. Di Jepang yg banyak gunung api, sumber air panas sangat banyak. Ini dimanfaatkan betul bagi wisata onsen.

Kalau dulu, berendam di air panas alami dengan kandungan mineral menyembuhkan luka-luka para samurai seusai bertempur. Maka ketika ini onsen jadi komoditas wisata dengan berbagai tujuan, tidak cuma terapi kesehatan.

Seperti di Kusatsu Onsen, salah sesuatu wisata air panas yg sangat terkenal di Prefektur Gunma di Jepang. Air panas di Kusatsu dipercaya bagi menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tak heran banyak wisatawan domestik dan luar negeri mendatangi tempat ini.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas kolam air panas atau onsen pada salah sesuatu resort di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). Kusatsu Onsen sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim dingin buat berendam di air panas yg dipercaya sebagai terapi kesehatan.

Satu syarat buat berendam air panas ini adalah harus telanjang bulat. Apakah Anda siap? Pastilah ada sedikit rasa malu telanjang bulat dan berbaur dengan orang yang lain di sesuatu kolam. Agak risih memang kalau belum terbiasa.

Bicara onsen, tidak heran bila banyak resort atau hotel di Jepang memiliki ruang onsen pribadi bagi tamunya yg tidak mau berbaur dengan orang yang lain ketika berendam. Alasannya dapat macam-macam.

Berikut dua tahapan berendam air panas di Jepang sebagaimana dituturkan Antonius Prima Setyawan, Tour Coordinator Wendy Tour, ketika menemani KompasTravel dan empat travel agent Indonesia yg diundang Tokyo Rail Days dalam program famtrip ke Jepang buat memperkenalkan paket wisata ‘Kanto Buffet’ awal Desember 2016.

1. Onsen buat Laki-laki dan Perempuan
Keberadaan onsen di Jepang hampir mampu ditemui di hotel-hotel atau resort, apalagi yg berlokasi di daerah yg memiliki sumber air panas yg melimpah. Tempat onsen bagi laki-laki dan perempuan dipisah.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas kolam air panas atau onsen pada salah sesuatu resort di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). Kusatsu Onsen sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim dingin buat berendam di air panas yg dipercaya sebagai terapi kesehatan.

Bagaimana membedakannya? Dan bagaimana seandainya Anda tidak mengerti bahasa Jepang dan mau onsen?

“Jangan khawatir. Kalau anda memasuki tempat onsen di sebuah hotel, misalnya, tinggal perhatikan saja warnanya. Kalau merah, itu adalah onsen bagi perempuan. Kalau warna biru, itu onsen untuk laki-laki,” kata Prima.

2. Tempat Menyimpan Barang
Karena setiap tamu yg hendak memanfaatkan onsen diwajibkan buat telanjang bulat, maka pengelola hotel dan resort wajib menyediakan locker buat menyimpan barang-barang berharga.

Di dalam locker biasanya tersedia handuk bagi mengeringkan tubuh setelah Anda selesai berendam air panas.

3. Kunci Jadikan Gelang
Kunci locker biasanya berbentuk gelang sehingga memudahkan kunci dibawa ke dalam dan dibawa saat berendam. Setelah Anda menyimpan barang pribadi di locker, otomatis Anda tak memakai sehelai benang pun di tubuh alias telanjang.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas kolam air panas atau onsen pada salah sesuatu resort di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016).

Berjalanlah menuju kolam air panas. Tidak perlu malu, karena seluruh laki-laki yg dahulu lalang di ruangan itu juga pada telanjang menuju kolam air panas.

4. Dilarang Bawa Kamera
Kamera atau sejenisnya tak diizinkan dibawa saat Anda memasuki lokasi onsen. Ketika memasuki ruang onsen, Anda cuma dibekali handuk kecil buat mengelap tubuh.

5. Dilarang Bertato atau Mabuk
Mereka yg ingin onsen wajib menaati aturan yakni tak memiliki tato di tubuhnya. Pasalnya, Jepang memiliki tradisi kuat terkait tato yg akrab dengan sindikat mafia yg kerap terlibat aksi kejahatan dan hal negatif lainnya.

“Satu lagi, peserta onsen tak dalam keadaan mabuk,” kata Prima.

6. Bersihkan Badan
Sebelum memulai berendam di kolam air panas, Anda diwajibkan membersihkan badan terlebih dahulu. Tersedia banyak tempat bagi membersihkan badan. Di setiap tempat telah tersedia sabun, shampo, dan air panas.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas kolam air panas atau onsen pada salah sesuatu resort di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). Sebelum dan sesudah berendam air panas, pengunjung wajib membersihkan badan di tempat ini.

7. Berendam di kolam
Setelah membersihkan badan, mulailah berendam di kolam air panas. Ingat, saat memasuki kolam, lakukan secara perlahan-lahan, jangan segera atau buru-baru masuk kolam, karena suhu air yg panas.

Rendam kaki anda terlebih dahulu, selanjutnya paha hingga badan. Karena air panas, maka jangan membenamkan kepala Anda di kolam. Cukup sebatas leher.

8. Minimal 20-40 menit
Biasanya setiap hotel menyediakan dua kolam air panas bagi berendam, ada yg di luar gedung atau di dalam gedung.

Jika cuaca lagi dingin, berendam air panas di dalam ruangan telah cukup. Anda dapat pindah dari sesuatu kolam ke kolam yang lain yg memiliki bentuk yg berbeda-beda. “Biasanya orang berendam di kolam air panas sekitar 20-40 menit,” kata Prima.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas locker tempat menyimpan barang pribadi yg disediakan salah sesuatu resort di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016), bagi para tamu yg ingin onsen atau berendam di air panas.

9. Bilas Lagi
Usai berendam air panas, Anda kembali membersihkan badan sebagaimana poin 6. Puas-puaskanlah membersihkan tubuh Anda dengan air hangat.

10. Kembali ke Locker
Usai membilas tubuh, masih dalam konsidi telanjang bulat, kembalilah ke tempat locker bagi mengambil handuk, mengelap tubuh dan selanjutnya berganti baju.

Sebelum meninggalkan tempat berganti baju, di ruangan ini biasanya tersedia hair dryer, sisir dan sebagainya. Setelah onsen, tubuh Anda mulai terasa lebih segar. Tak percaya? Cobalah onsen…

 

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *