Indahnya “Bukit Teletubbies” Di Buton

Indahnya “Bukit Teletubbies” Di Buton

BUTON, KOMPAS.com — Bila Anda melakukan perjalanan dari Baubau menuju Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, maka hamparan perbukitan yg penuh dengan warna kehijauan mulai kelihatan di sana.

Rerumputan yg cuma setinggi mata kaki memberikan pemandangan yg indah dan sedap dipandang mata. Bagi masyarakat Kabupaten Buton, perbukitan disebut dengan “Bukit Teletubbies”.

Sebutan tersebut diberikan karena Bukit Teletubbies mirip seperti dalam film serial anak-anak di televisi. Menurut seorang warga sekitar, Dani D, Bukit Teletubbies banyak mengandung zat kapur sehingga tumbuhan yg besar mulai sulit hidup di atasnya.

Namun rerumputan yaitu habitatnya karena mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. “Kalau telah musim panas, telah mesti hati-hati karena rumputnya cepat kering dan sangat rawan terbakar,” kata La Dani, kepada KompasTravel, Sabtu (10/12/2016).

Menurut Dani, bila memasuki musim hujan yg lebat, udara di Bukit Teletubbies terasa sangat dingin dan berkabut. Para pengendara pun harus memperlambat laju kendaraannya bila melintasi jalan di perbukitan tersebut.

“Bukit ini banyak dikunjungi warga yg melintas. Kalau telah sore hari ada yg naik ke atas bukit dengan kendaraannya. Kebanyakan mereka mengambil gambar dari atas bukit,” ujarnya.

Ya, Bukit Teletubbies yg berada di Desa Wakaokili, Kecamatan Pasarwajo, bila sore hari kelihatan banyak dikunjungi warga yg melintas.

Hal ini misalnya dikerjakan Tati bersama teman-temannya yg selfie di atas Bukit Teletubbies. “Fotonya bagus sekali, bukitnya yg hijau dan birunya langit apalagi kalau telah akan sunset, bagus sekali hasil fotonya. Kami suka berfoto di sini,” ucap Tati.

Bukit Teletubbies ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Baubau.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *