Dongkrak Wisman, Kepri Gelar 6 Event Bulan Ini

Dongkrak Wisman, Kepri Gelar 6 Event Bulan Ini

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com – Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar enam event berbeda bulan Desember 2016.

Rangkaian event yang digelar antara yang lain Trifam-Triathlon (9-11 Desember 2016), The Santana Experience with Almatina (10 Desember 2016), Tribun Barelang Marathon (11 Desember 2016), serta The 1st Batam Senior Golf Challenge (13-14 Desember 2016) yg digelar di Tering Bay.

Wisman yg paling diincar adalah yang berasal Singapura dan Malaysia. Sejak November 2016, banyak event yang berlangsung di Bintan dan Batam.

“Posisi geografis Kepri yg dekat dengan Singapura dan Malaysia sangat menguntungkan kami. Ke Singapura naik kapal tak sampai sesuatu jam. Hingga akhir tahun, destinasi wisata di Kepri tidak pernah sepi. Beberapa event tadi dibanjiri ribuan wisatawan,” terang Kadispar Kepri, Buralimar, Jumat (16/12/2016) dalam siaran pers yg diterima KompasTravel.

BACA JUGA: Anambas, Inilah Saingannya Raja Ampat

Selain angka kunjungan, tingkat okupansi hotel pun naik dengan prosentase cukup signifikan. Jumlah tamu yg menginap pada hotel berbintang pada Oktober 2016 tercatat 71.938 orang.  Jumlah ini meningkat 2,67 persen dibandin September 2016 yg sebanyak 70.064 orang. Jika dibandingkan dengan tamu menginap bulan Oktober 2015 merupakan sebanyak 60.316 orang, terjadi peningkatan sebesar 19,27 persen. 

Kepri sukses menorehkan namanya di posisi tiga besar penyumbang wisman terbanyak di Indonesia. Prosentasenya mencapai 20%. Raihannya cuma dapat dikalahkan Bali 40% dan Jakarta 30%.

“Sekarang Kepri telah memosisiikan diri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia. Kami milik Batam, Bintan dan Anambas yg sangat strategis dikembangkan menjadi wisata yacht, marina dan tempat parkir perahu pesiar. Semuanya dekat dengan international hub udara maupun laut,” ungkap Buralimar.

Event wisata di Kepri tidak selesai di situ. Masih ada Kenduri Akhir Tahun yg mampu dinikmati pada 31 Desember 2016. Kegiatan mulai digelar di dataran Engku Putri buat memberikan hiburan wisman dan masyarakat Batam.

“Kami juga merencanakan pesta kembang api dan sinar laser,” tambah Buralimar.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *