Cerita Soal Tukang Semir Sepatu Di Pusat Belanja Mewah London

Cerita Soal Tukang Semir Sepatu Di Pusat Belanja Mewah London

LONDON, KOMPAS.com – Mendengar kata Burlington Arcade, dua gelintir orang yg shopaholic pasti mulai terbayang mulai barang-barang premium dari jajaran butik mewah. Bayangkan saja, produk termurah di tempat tersebut bernilai 6 poundsterling atau sekitar Rp 100.000.

Namun, produk tersebut bukanlah barang, melainkan jasa semir sepatu yg diberikan seorang pria. Dia menjajakan jasanya di dekat pintu masuk Burlington Arcade dari arah Piccadilly.

Seperti tidak jarang kami tonton di film-film, jamak ditemui tukang semir sepatu di sejumlah perbelanjaan di negara-negara Barat. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan mereka yg terus berdandan rapi dan memakai sepatu kulit, terutama ketika bekerja.

Tuntutan pekerjaan yg demikian besar ternyata membuat sejumlah karyawan mencari “pelarian”, salah satunya adalah dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan ketika makan siang bagi sekadar relaksasi.

“Terus terang, orang-orang yg tiba sebenarnya tak butuh banget sepatunya disemir,” ujar John Lord, seorang petugas keamanan merangkap pemandu para peserta Media Visit dari Kedutaan Besar Inggris, Rabu (16/11/2016).

(Baca Juga: Dampak Positif “Wonderful Indonesia” di London)

“Mereka tiba ke tempat semir sepatu cuma buat sekadar duduk, membaca koran, atau sekadar mencari teman bicara dan mengobrol dengan tukang semirnya. Itu membuat mereka rileks sejenak dari impitan pekerjaan,” tutur Lord.

Jalu W Wirajati/Kompas.com Sembari menunggu sepatu disemir, seorang pengunjung di Burlington Arcade dapat menenggak secangkir kopi yg disediakan. Foto diambil pada 16 November 2016.

Dengan cuma membayar 6 poundsterling, seorang pengunjung tak saja mulai mendapatkan sepatunya menjadi bersih. Dia juga mulai mendapatkan secangkir kopi yg dapat membuatnya semakin rileks.

Harga tersebut terbilang murah. Sebagai perbandingan, harga sesuatu cangkir kopi hitam di salah sesuatu gerai ternama sebesar 2,45 poundsterling atau hampir setengah dari harga jasa semir sepatu.

Burlington Arcade memang terletak di wilayah elite Kota London. Harga 6 poundsterling menjadi kelihatan “kecil” dibandingkan produk-produk bermerek yg dijual di pedestrian tersebut.

(Baca: Burlington Arcade, Tempat Belanja Mewah atau Sekadar Cuci Mata)

Sejumlah produk di pusat belanja tersebut bahkan mungkin jarang didengar oleh orang awam yg tidak mengerti dunia fashion.

Ambil contoh N. Peal. Butik tersebut menjual produk kashmir yg identik dengan tokoh agen fiktif Inggris, James Bond. Untuk sesuatu sweater saja, harganya mencapai 229 poundsterling atau sekitar Rp 3,8 juta!

Jalu W Wirajati/Kompas.com Sejumlah pengunjung tampak melakukan window shopping di Burlington Arcade, London, pada Rabu (16/11/2016).

Beberapa toko di shopping arcade ini juga sudah mendapatkan status Royal Warrant karena produk mereka milik kualitas bagus dan diakui oleh Kerajaan Inggris. Salah satunya adalah Penhaligon’s, merek parfum yg menjadi pilihan penting Putra Mahkota Inggris, Pangeran Charles.

Jika Anda menempatkan London sebagai destinasi wisata, Burlington Arcade patut dikunjungi. Meski tidak berbelanja, Anda dapat sekadar foto-foto karena tempatnya Instagramable dan, tentu saja, dapat rileks dengan meminum kopi sambil menunggu sepatu kami disemir.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *