Catat! Info Lengkap Kalender Wisata Solo Tahun 2017

Catat! Info Lengkap Kalender Wisata Solo Tahun 2017

JAKARTA; KOMPAS.com – Liburan ke Kota Solo tahun 2017; jangan sampai terlewatkan berbagai acara yg diselenggarakan. Dari akan festival kesenian hingga festival kuliner dapat ditemukan di kota yg juga dikenal nama Surakarta ini.

Berikut agenda pariwisata Kota Solo tahun 2017 seperti KompasTravel himpun dari website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. 

Januari

Untuk mengawali tahun 2017 wisatawan dapat tiba ke Taman Satwa Taru Jurung. Pada tanggal 19-20 Januari hadiri acara Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi di Pasar Kliwon.

Tanggal 22 Januari terdapat acara Grebeg Sudiro di Kawasan Pasar Gedhe. Tanggal 22-26 Januari ada Festival Imlek juga di Kawasan Pasar Gede. Acara Wilujengan Nagari Maesa Lawung mulai diselenggarakan di Hutan Krendhawana Gondangrejo, Karanganyar.

KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA Festival Jenang Solo 2016 digelar 14-17 Februari di koridor Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah.

Februari

Solo Great Sale kembali hadir selama sesuatu bulan penuh akan tanggal 1-28 Februari di Pusat Perbelanjaan Kota Surakarta. Acara Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kota Surakarta ke-272 mulai diselenggaarakan pada tanggal 18 Februari di Jalan Slamet Riyadi – Balaikota Surakarta.

Sementara Festival Jenang Solo Ragam Jenang Nusantara mulai diadakan pada tanggal 17-19 Februari di Kawasan Budaya Ngarsopuro.

Maret

Bulan Maret mulai diisi beberapa acara yakni Mangkunegaran Performing Art dan Kejuaraan Karate antar Mahasiswa Se-Asia Tenggara. Mangkunegaran Performing Art mengambil tempat di Puro Mangkunegaran tanggal 18-19 Maret dan Kejuaraan Karate di Gelanggang Olahraga Sritex Arena pada tanggal 24-26 Maret.

April

Kegiatan Solo Menari mulai diselenggarakan pada 29 April di kawasan strategis Kota Solo. Selain itu ada Festival Parade Hadrah di Jalan Slamet Riyadi – Balai Kota Surakarta pada tanggal 24 April.

KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA Para penari dari Sanggar Kembang Lawu Karanganyar, Jawa Tengah, membawakan tarian “Ayunan Payung” dalam pembukaan Festival Payung Indonesia II 2015 di Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/9/2015). Festival yg digelar pada Jumat-Minggu (11-13/9) ini diharapkan turut melestarikan kerajinan payung tradisional Indonesia.

Mei

Bulan Mei ada tiga acara yg diadakan di Kota Solo. Ada Solo Gamelan Festival pada tanggal 8 Mei di Benteng Vastenburg; Solo Trade Expo pada tanggal 11-14 Mei; dan Waisakha Puja Raya pada tanggal 20 Mei di Candi Putih dan Vihara Dharma Sundara.

Juni

Bulan Juni ada enam acara yg mampu ditemukan di Kota Solo seperti Gelar Potensi Produk Kelurahan; Malem Selikuran; Syawalan Solo Zoo; Bakdan Ing Balekambang; Grebeg Pasa; dan Bakdan Neng Solo.

Gelar Potensi Produk Kelurahan diselenggarakan di Atrium Solo Paragon selama bulan Juni; Malem Selikuran di Keraton Solo Hadiningrat pada tanggal 15-16 Juni; Syawalan Solo Zoo di Taman Satwa Taru Jurung pada tanggal 25 Juni – 2 Juli; Bakdan Ing Balekambang di Taman Balekambang pada tanggal 25 Juni – 2 Juli; Grebeg Pasa di Keraton Surakarta Hadiningrat pada tanggal 27 Juni; dan Bakdan Neng Solo di Benteng Vastenburg pada tanggal 28-30 Juni.

Juli

Bulan Juli wisatawan mampu menemukan Festival Dolanan Bocah; Festival Kethoprak; Solo Batik Carnival ke-10; Solo Keroncong Festival; Semarak Budaya Indonesia; dan Solo Investment Trade and Tourism Expo (SITEX) & Gebyar Produk Unggulan Nusantara.

Festival Dolanan Bocah mulai digelar di Taman Sriwedari pada tanggal 1-2 Juli; Festival Kethoprak di Kawasan Ngarsopuro pada tanggal 7-8 Juli; Solo Batik Carnival ke-10 di Sriwedari – Benteng Vastenburg pada 14-15 Juli; Solo Keroncong Festival di Benteng Vastenburg pada 21-22 Juli; Semarak Budaya Indonesia di Taman Balekambang Solo pada 27-28 Juli; dan (SITEX) & Gebyar Produk Unggulan Nusantara pada 27-30 Juli di Solo Square / Paragon Mall Kota Solo.

tribunjateng.com/galih permadi Ilustrasi: Solo International Performing Arts (SIPA) 2014 di Benteng Vastenburg Solo, 11-13 September.

Agustus

Bulan Agustus; ada acara Grand Final Putra-Putri Solo; Apresiasi Musik Kebangsaan; Pawai Pembangunan; Solo Paragon Scot Festival #1; dan Bengawan Solo Travel Mart.

Grand Final Putra-Putri Solo mulai diadakan di Balai Kota Surakarta pada 5 Agustus; Apresiasi Musik Kebangsaan di Benteng Vastenburg pada 18 Agustus; Pawai Pembangunan yg dimulai dari Stadion Sriwedari hingga Balaikota Surakarta pada 18 Agustus; dan Solo Paragon Scot Festival #1 pada 19-20 Agustus di Solo Paragon Mall.

September

Bulan September diisi tujuh acara di Kota Solo yakni Grebeg Besar; Solo International Performing Art (SIPA); Festival Payung Indonesia; Srawung Seni Sakral; Suro Bulan Budaya; Kirab Malam 1 Suro; dan Solo City Jazz.

Grebeg Besar mulai diselenggarakan pada 2 September di Keraton Surakarta Hadiningrat; SIPA di Benteng Vastenburg pada tanggal 7-9 September; Festival Payung Indonesia di Taman Balekambang 15-17 September; Srawung Seni Sakral di Museum Keris pada tanggal 20 September; Suro Bulan Budaya di Museum Radyapustaka dan Kawasan Budaya pada 20 September – 21 Oktober; Kirab Malam 1 Suro di Keraton Surakarta Hadiningrat & Istana Mangkunegaran pada tanggal 21 September; dan Solo City Jazz di Benteng Vastenburg pada 28-30 September.

KOMPAS.COM/ M Wismabrata Acara Grebeg Maulud Solo pada hari Selasa (14/1/2014).

Oktober

Ada acara Sitte Biz 2016; Semarak Singo Barong; Solo Batik Fashion; Balekambang Kumandang; Soloist Solo; Pasar Seni Balekambang; dan International Mask Festival (IMF).

Acara Semarak Singo Barong hadir pada 6-7 Oktober di Stadion Sriwedari; Solo Batik Fashion pada 13-14 Oktober di Manahan Surakarta; Balekambang Kumandang pada 22 Oktober di Taman Balekambang; Soloist Solo pada 28 Oktober di Kawasan Strategis Slamet Riyadi; Pasar Seni Balekambang pada 26-29 Oktober di Taman Balekambang; dan International Mask Festival (IMF) pada 27-28 Oktober di Mangkunegaran.

November

Bulan November mulai diisi dengan acara Rock in Solo di Stadion Manahan pada tanggal 12 November.

Desember

Ada tiga acara selama bulan Desember merupakan Grebeg Maulid pada 1 Desember di Keraton Surakarta Hadiningrat; Sekaten pada 2 Desember di Keraton Surakarta Hadiningrat; Peringatan Maulid Nabi Muhammad bersama Ahbaabul Musthofa pada 12 Desember di Masjid Agung; dan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi pada 16 Desember di Pasar Klewer.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *