ASPPI: Aceh Harus Kembangkan Destinasi Wisata Baru

ASPPI: Aceh Harus Kembangkan Destinasi Wisata Baru

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, Umar Machtub menegaskan, pemerintah provinsi Aceh harus bisa mengembangkan destinasi wisata baru seandainya menginginkan sektor ini menjadi andalan daerah.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Aceh harus bisa mengembangkan destinasi pariwisata yg baru,” kata Umar Machtub di Banda Aceh, Jumat (6/1/2017).

Ia mengatakan, potensi pariwisata Aceh cukup menjanjikan, karena banyak obyek wisata yg layak jual dan berpotensi dikunjungi wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Namun, menurut Umar, dari sekian banyak obyek wisata tersebut, yg menjadi destinasi dua saja, di antaranya Pulau Weh.

“Laut dan gunung di Aceh luar biasa. Kalau seluruh potensi itu ada dikembangkan dan dijadikan destinasi pariwisata, Aceh mulai menjadi daerah tujuan wisata yg mampu diandalkan,” kata Umar Machtub.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Museum Tsunami Aceh, Rabu (21/10/2015).

Menjadikan sebuah destinasi wisata, lanjut Umar, harus mendapatkan dukungan penuh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk dukungan regulasi guna memproteksi kultur masyarakat.

Dukungan itu berupa pembangunan infrastruktur serta sarana, dan promosi. “Masyarakat juga harus mau menerima kehadiran wisatawan,” kata Umar Machtub.
Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *