Apa Itu Kopi Lanang?

Apa Itu Kopi Lanang?

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebutan “kopi lanang” seringkali muncul ketika memesan kopi di kafe atau ketika membeli biji kopi. Banyak orang yg bingung ketika dihadapkan dengan nama tersebut, mengingat “lanang” sendiri berarti laki-laki dalam bahasa Indonesia.

“Kalau dilihat dari struktur buah kopi, ketika dibuka ada beberapa beans (biji) karena memang tumbuhan kopi dikotil,” kata pengajar dari Indonesia Coffee Academy, Aris Kadarisman yg ditemui di acara Cerita Kopi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (9/12/2016).

BACA JUGA: Bercerita Kopi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Sedangkan pada biji kopi yg disebut lanang, kondisi buahnya berbeda. Aris memberikan contoh penampakan biji lanang yg dibawanya.

“Jadi yg disebut kopi lanang atau kopi jantan itu dalam sesuatu buah cuma ada sesuatu biji kopi. Namun menempel atau dempet, ibaratnya kembar siam,” kata Aris.

Karena tumbuh berbeda, biji kopi lanang akhirnya memiliki rasa yg lebih kuat daripada biji kopi biasa.

“Karena biji kopi lanang ini yg harusnya tumbuh dua, justru jadi sesuatu sehingga menyerap lebih banyak dan otomatis rasanya lebih kuat, dianggap cocok bagi laki-laki. Dari segi rasa biji kopi lanang sedikit lebih kental, namun tidak signifikan,” kata Aris.

BACA JUGA: Begini Cara Membedakan Kopi Asli dan Oplosan

Itulah yang berasal usul kopi lanang yg juga disebut peaberry. Biji kopi lanang ini, menurut Aris, mampu dimanfaatkan dari segi bisnis.

“Ada orang yg natural, tidak dipisahkan antara biji kopi biasa dan lanang. Tetapi ada juga orang yg memisahkan. Misalnya ingin kopi sumatera lanang, maka dipilihlah biji kopi lanang itu,” kata Aris.

Harga biji kopi lanang akhirnya lebih mahal ketika dijual di pasaran. Menurut Aris, memerlukan usaha lebih bagi memisahkan biji dikotil dan monokotil dari buah kopi. Padahal dalam sesuatu pohon kopi biasanya terus ada 10-20 persen biji kopi lanang.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *