10 Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik 2016 Versi Skytrax

10 Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik 2016 Versi Skytrax

KOMPAS.com — Pada bulan Juli 2016 lalu, Skytrax menobatkan AirAsia sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia dan maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik Asia. Penghargaan tersebut diberikan pada ketika acara Farnborough International Airshow di Farnborough, Inggris.

Penghargaan Skytrax sudah menjadi acuan standar global dalam menilai keunggulan maskapai. Penilaian tersebut dikerjakan melalui survei yg diikuti oleh lebih dari 19 juta pelanggan di segala dunia dan mengukur 41 kriteria utama dari performa produk maupun layanan maskapai.

(Baca: Tiga Rute Penerbangan Terpanjang di Dunia)

Dalam prosesnya, Skytrax melakukan audit dan penelitian terhadap produk, layanan, dan penumpang buat maskapai, aliansi maskapai, bandara, dan penyedia transportasi udara di segala dunia.

Nah, berikut 10 maskapai penerbangan berbiaya hemat versi hasil survei Skytrax.

Dok. Business Insider Maskapai pernerbangan Azul Brazilian

10. Azul Brazilian Airlines

Azul Brazilian Airlines adalah maskapai penerbangan terbaru dari JetBlue dan WestJet punya co-founder David Neeleman. Maskapai ini berbasis di Sao Paulo dan mengoperasikan armada pesawat macam Airbus, ATR, dan Embraer yg melayani rute penting di Brasil. 

9. Jetstar Asia

Jetstar Asia adalah anak perusahaan Jetstar Airways berbasis di Singapura yg didirikan pada 2014. Jetstar Asia melayani dua rute di Asia Tenggara.

Maskapai penerbangan Jetstar Asia mendapatkan penghargaan karena kinerja staf maskapai di darat yg baik dan harga tiket yg sepadan dengan pelayanan maskapai.

8. IndiGo

IndiGo adalah maskapai penerbangan yg berbasis di New Delhi yg sudah mengudara sejak tahun 2006. Maskapai ini mengoperasikan macam pesawat lebih dari 100 Airbus A320.

Pengulas di Skytrax memuji maskapai bagi layanan kabin yg besar dan harga tiket yg sepadan dengan pelayanan maskapai.

Dok. Business Insider Maskapai penerbangan Westjet

7. WestJet

Sejak diluncurkan pada 1996, WestJet tumbuh menjadi maskapai kedua terbesar di Kanada. Perusahaan yg berbasis di Calgary melayani lebih dari 100 tujuan di segala Amerika Utara dan Karibia.

6. AirAsia X

AirAsia X adalah anak perusahaan maskapai AirAsia Malaysia yg melayani rute penerbangan jarak jauh. Jenis pesawat Airbus A330-300 dilengkapi dengan kabin kelas premium dan ekonomi yg beroperasi di rute-rute sekitar Asia.

5. Jetstar Airways

JetStar Airways adalah anak perusahaan dari maskapai penerbangan nasional Australia, Qantas. Maskapai penerbangan yg berbasis di Melbourne mengoperasikan armada Airbus A320 dan Boeing 787 Dreamliner.

Pengulas Skytrax memuji maskapai bagi layanan kualitas kabin dan harga tiket yg sepadan dengan pelayanan maskapai.

4. EasyJet

Selama beberapa dekade terakhir, EasyJet menjadi salah sesuatu maskapai penerbangan hemat terkemuka di dunia. Maskapai yg memiliki lebih dari 230 Airbus ini terbang ke sekitar 800 tujuan di semua Eropa.

Pengulas di Skytrax memuji maskapai buat layanan yg solid dan harga tiket yg murah.

Dok. Business Insider Maskapai penerbangan Norwegian Air

3. Norwegian Air

Maskapai Norwegian Air sempat menyita perhatian dunia dengan rencana pembukaan rute penerbangan Trans Atlantik. Namun, Norwegian Air tetap terpilih sebagai maskapai penerbangan biaya rendah terbaik di Eropa dalam waktu empat tahun berturut-turut.

2. Virgin America

Maskapai Virgin America menawarkan gaya dan layanan berkualitas dengan harga yg kompetitif. Namun, April 2016 lalu, maskapai ini dijual kepada Alaska Airlines dan belum jelas nasib maskapai berbiaya hemat itu.

1. AirAsia

AirAsia delapan kali mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia secara berturut-turut. CEO Tony Fernandes dan timnya selama 15 tahun terakhir mengubah nasib maskapai penerbangan Malaysia ini menjadi sebuah penerbangan raksasa multi-nasional.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *